Ilustrasi Deposito yang Menguntungkan

Bagi anda yang sudah mulai untuk merencanakan keuangan dimasa yang akan datang, dengan melakukan penyimpanan uang secara deposito. Ada baiknya untuk anda mengetahui jenis deposito yang selain dapat menjadi investasi dan perencanaan keuangan dimasa depan, juga deposito yang menguntungkan untuk anda.

Macam jenis deposito

1. Jenis deposito berjangka

Sesuai dengan namanya, deposito ini memiliki ciri pelayanan dimana memiliki jangka waktu penarikan yang dapat dilakukan sesuai waktu yang telah ditentukan. Perjanjian jangka waktu ini dilakukan secara langsung oleh pihak bank dengan pihak deposan. 

Jangka waktunya sendiri juga sangat bervariasi, sesuai dengan kesepakatan antar kedua belah pihak. Umumnya jangka waktu yang ditawarkan kisaran dari 1, 3, dan juga 6 bulan serta berlaku kelipatan selanjutnya.

2. Jenis sertifikat deposito

Selanjutnya terdapat jenis sertifikat deposito. Pelayanan deposito ini memiliki kesamaan dengan deposito berjangka yakni sesuai dengan waktu yang berlaku. Perbedaannya hanya terletak pada sertifikat deposito. Dimana menerbitkan sertifikat keterangan mengenai deposito itu sendiri

Sertifikat deposito masuk dalam jenis deposito yang menguntungkan. Kenapa? Sebab sertifikat deposito dapat diperjualbelikan serta dapat dipindah tangankan kepada orang lain. perbedaan lainnya dari segi pencarian bunga serta sertifikat  deposito yang dapat dilakukan sejak awal. 

3. Jenis deposito Automatic Roll Over

Automatic roll over atau juga disebut dengan ARO, merupakan bentuk lain dari deposito berjangka. Dimana deposito ini bentuk simpanan masyarakat. Dan dana ini merupakan deposito yang telah jatuh tempo ataupun selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan atau disepakati.

Akan tetapi pada kasus ini, pihak dari deposan belum mengambilnya sehingga secara otomatis akan dilakukan proses perpanjangan jangka waktu tanpa adanya persetujuan dari deposan.

4. Jenis deposito on call

Dan jenis deposito yang terakhir adalah deposito on call, yang mana dikhususkan bagi deposito dalam jumlah besar. Pada jenis deposito ini, jumlah besaran bunga yang digunakan berbeda-beda. Tergantung pada ketentuan masing-masing dari bank yang anda gunakan. Umumnya, besaran bunga dari deposito on call dihitung setiap bulan. Dengan tujuan menetapkan jumlah bunga yang diberlakukan.

Agar deposito yang menguntungkan dapat anda peroleh. Perlu adanya negosiasi antara anda sebagai nasabah dengan pihak bank dalam proses pencairan bunga. Dimana dapat dilakukan dengan pemberitahuan terlebih dahulu bahwa pihak deposan akan melakukan pencairan deposito mereka. 

Macam kelebihan yang ditawarkan deposito

1. Suku bunga yang tinggi

Kelebihan dari deposito sendiri adanya suku bunga yang lebih tinggi dibanding jenis tabungan biasa. Dengan begitu, nasabah dapat berharap akan sebuah keuntungan dengan adanya imbal hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan menyimpan uang dalam tabungan biasa.

2. Sarana investasi keuangan yang baik

Kelebihan lainnya dari deposito adalah salah satu sarana berinvestasi yang tepat dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Deposito berjangka juga memberikan nilai pokok dari uang yang diinvestasikan tetap terjaga. 

3. Risiko kerugian yang lebih kecil

Kelebihan lain dari deposito selain terlindung dari fluktuasi pasar, deposito juga dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Sehingga, apabila bank tempat anda mendeposito uang mengalami kebangkrutan, maka LPS akan menjamin dana dari nasabah hingga mencapai 2 milyar dengan suku bunga maksimal 7,5% di setiap banknya. Tentu saja dengan catatan bank yang anda pilih terdaftar dalam LPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *